Selasa, 10 Juli 2018

Membuat Menu Editor di Visual Basic


     Pada praktikum kali ini kita hanya membuat program sperti praktikum yang sebelumnya, hanya saja kali ini ditambah dengan membuat menu editor, berikut penjelasannya.

1. Pertama-tama kita harus masuk dulu ke visual basic, lalu pilih tulisan ‘tools’ yang ada diatas atau dengan cara cepat pencet saja ctrl+E untuk masuk kemenu editornya, lalu dibuat menunya, tanda ‘&’ itu agar tulisan awalnya bergaris bawah, lalu ketikkan ‘menu’ sebagai pusatnya lalu klik next dan klik panah kekanan, agar menjadi cabang dari menunya tsb, sperti dibawah ini.






2. Lalu ketikkan kodingannya seperti ini, untuk yang ‘form1.hide’ dan ‘form2.show’ itu agar saaat menjalankan programnya agar program 1 disembunyikan dulu saat membuka form 2, lalu untuk yang jdulnya exit itu tinggal diketikkan saja ‘end’, Karena untuk keluar dri program tsb.


3. Setelah itu selesai, lalu buat form baru (2) untuk membuat program biodata, buat seperti ini dengan menggunakan command button, label, dan text box seperti ini.


4. Ketikkan kodingannya pada command button (cetak, hapus data, kembali). Seperti ini.



Untuk yang ‘label4.caption = “nama anda : “  + text1.text’ maksudnya label 4 akan menampilkan ‘nama anda :’ + huruf yang anda ketikkan di text 1, begitu juga dengan yang lainnya, lalu ‘label4.caption = “”               ’ text1.text = “” ‘ itu digunakan agar label 4,5,6 nya menjadi kosong/menghapusnya, lalu ‘unload me’ untuk kembali.


5. Setelah itu buat form baru lagi seperti ini untuk membuat program ganjil genap, dengan menggunakan label,textbox,dan command button juga.



6. Lalu ketikkan kodingannya seperti ini agar program dapat berjalan.



Untuk ‘a = text1.text’ ‘a’ nya itu sebagai angka yang kita ketikkan di text1 lalu ‘if a mod 2 = 0’ artinya jika sisa hasil bagi nya 0 maka akan mencetak ‘adalah bilangan genap’ , jika tidak =0 maka akan mencetatak ‘adalah bilangan ganjil’, ‘end if’ untuk mengakhiri program kondisi if-then.

7. Lalu buat seperti ini untuk membuat program looping yang akan membentuk segitiga siku2.



8. Setelah dibuat seperti itu kita ketikkan kodingannya seperti ini.


Untuk ‘a = val(text1.text)’ ‘a’ nya itu sebagai angak yang diketikkan di text1, untuk ‘for b = 1 to a’ itu maksudnya ‘b’ nya itu akan menginput 1 sampai ‘a’ (angka yang diketikkan ditext1) misalnya kita mengetik angka 3 maka 1 sampai 3, untuk ‘for c = 1 to b’ itu si ‘c’ nya akan menginput 1 sampai b, lalu print C jika si ‘a’ nya itu sudah =3, lalu next C akan mencetak angka selanjutnya, lalu next b akan berganti ke angka selanjutnya dan akan ber-ulang sampai angka 3.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar