Pada praktikum kali ini kita akan membahas
bagaiaman cara membuat surat undangan rapat dengan menggunakan Open Office.
1. Pertama
Masuk dulu kedalam aplikasi Open Office 4.1.3, lalu pilih text document.
2. Lalu
ketikkan seperti ini, tapi untuk ‘kepada yth’ dan ‘di’ nya jangan diisi dulu
Karena akan kita isi dengan menggunakan mail merge.
3. Lalu
kita ke tools dan pilih mail merge wizard
4. Lalu
kita pilih use the current document lalu di next
5.
Kemudian pilih letter karena kita akan membuat surat undangan rapat, lalu di
next.
6. Disini
kita memilih select a different address list/ kita akan membuat address yang
baru.
7. Lalu
pilih create untuk membuat baru
8. Lalu
kita menuju ke customize untuk menyesuaikan dari address yang sudah ada ajika
tidak kita pakai maka akan kita delete, sampai seperti ini lalu kita masukkan
address element yang baru dengan mengklik pada tombol add.
9. Karena
element yang belum kita isi adalah ‘kepada yth’ dan ‘di’ maka kita akan
menambahkannya sebanyak 3x, kalau sudah tinggal di klik ok dan akan seperti
ini.
10. Lalu
di save dan next.
11. Lalu hilangkan tanda centang pada step 4.
12. Lalu
Pilih edit dokumen pada step 6 dan akan muncul kotak kecil seperti ini
13. Kemudian
Klik F4 maka akan muncul tampilan seperti ini, lalu kita klik return to mail
merge wizard.
14. Lalu
langsung pilih save merged document, dan pilih from 1 to 3, dan klik finish.
15.
Kemudian Drag dari kolom kpd yth dan kolom di ke bagian ini, dan hasilnya akan
muncul field baru nya, berikut hasilnya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar