Kamis, 05 Juli 2018

Cara Membuat Undangan Rapat dengan Open Office


     Pada praktikum kali ini kita akan membahas bagaiaman cara membuat surat undangan rapat dengan menggunakan Open Office.
1. Pertama Masuk dulu kedalam aplikasi Open Office 4.1.3, lalu pilih text document.

2. Lalu ketikkan seperti ini, tapi untuk ‘kepada yth’ dan ‘di’ nya jangan diisi dulu Karena akan kita isi dengan menggunakan mail merge.


3. Lalu kita ke tools dan pilih mail merge wizard


4. Lalu kita pilih use the current document lalu di next


5. Kemudian pilih letter karena kita akan membuat surat undangan rapat, lalu di next.






6. Disini kita memilih select a different address list/ kita akan membuat address yang baru.

7. Lalu pilih create untuk membuat baru


8. Lalu kita menuju ke customize untuk menyesuaikan dari address yang sudah ada ajika tidak kita pakai maka akan kita delete, sampai seperti ini lalu kita masukkan address element yang baru dengan mengklik pada tombol add.
  



9. Karena element yang belum kita isi adalah ‘kepada yth’ dan ‘di’ maka kita akan menambahkannya sebanyak 3x, kalau sudah tinggal di klik ok dan akan seperti ini.


  

  
10. Lalu di save dan next.               

11. Lalu hilangkan tanda centang pada step 4.



12. Lalu Pilih edit dokumen pada step 6 dan akan muncul kotak kecil seperti ini








13. Kemudian Klik F4 maka akan muncul tampilan seperti ini, lalu kita klik return to mail merge wizard.


14. Lalu langsung pilih save merged document, dan pilih from 1 to 3, dan klik finish.


15. Kemudian Drag dari kolom kpd yth dan kolom di ke bagian ini, dan hasilnya akan muncul field baru nya, berikut hasilnya.









Tidak ada komentar:

Posting Komentar